Pengertian Jaringan Komputer
![]() |
Jaringan Komputer |
Jaringan komputer adalah sebuah model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi yang diganti oleh sekumpulan komputer yang terpisah-pisah tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya (Tanenbaum, 1996:1).
Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung dan dapat membagi data, aplikasi, peralatan komputer, dan koneksi internet atau beberapa kombinasi itu (Todd, 2012:2).
Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat jaringan komputer untuk perusahaaan (Tanenbaum, 1996:2) adalah:a. Resource sharing
Bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada tanpa terpengaruh lokasi resource dan pemakai dengan kata lain resource sharing merupakan suatu usaha untuk menghilangkan kendala jarak.b. Reliabilitas tinggi
Bertujuan agar setiap program dan data memiliki sumber-sumber alternatif sehingga apabila salah satu mesin mengalami kerusakan maka data dan program dapat diambil dari mesin lain sehingga kegiatan dapat terus berjalan.c. Menghemat uang
Menggunakan komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga atau kinerja yang lebih dibanding komputer yang besar karena komputer mainframe memiliki kecepatan sepuluh kali lipat dari kecepatan komputer pribadi dan harganya seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi sehingga para perancang sistem lebih memilih membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi dengan menggunakan model client-server.d. Skalabilitas
Untuk meningkatkan kinerja sistem secara berkala sesuai dengan beban pekerjaan dengan menambahkan sejumlah prosesor.e. Medium komunikasi
Dengan menggunakan jaringan dua orang atau lebih yang berjauhan dapat berkomunikasi dengan mudah.Manfaat jaringan komputer untuk umum adalah:
- Access ke informasi yang berada ditempat yang jauh. Salah satu bidang access informasi jarak jauh yang sudah ada adalah access ke institusi keuangan.Contohnya membayar tagihan, mengelola rekening bank secara elektronis.
- Komunikasi orang ke orang. Bidang komunikasi orang ke orang yang dapat dilakukan saat ini yaitu surat kabar online, real time email dan video conference yang memungkinkan hubungan orang ke orang dapat dilakukan melalui jarak jauh.
- Hiburan Interaktif. Merupakan industri besar yang terus berkembang salah satu bentuk hiburan interaktif yaitu game online dan video on demand.
Daftar Pustaka
- Forouzan, Behrouz A, Fegan, Sophia Chung. (2003). Local Area Networks 1st Edition. New York: McGraw Hill.
- Tanenbaum, Andrew S. (2003). Computer Networks 4th Edition. New Jersey: Prentice Hall.
- Todd Lammle. (2012). CompTIA Network + Study Guide 2nd Edition. Indianapolis: John Wiley & Sons.
ingin tahu lebih lengkap klik disini
re update by Santika
Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Ilustrasi Teknologi Pendidikan
Seiring roda-roda kehidupan manusia terus berputar, perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang, tidak menutup kemungkinan setiap detik teknologi baru muncul dengan kelebihan dan keunggulan yang berbeda satu sama lain atau mungkin saling melengkapi dan menutupi kekurangan yang ada.
Baik selanjutnya akan saya bahas lebih rinci satu pembahasan khusus mengenai dampak atau pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan.
Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi sudah sangat mempunyai dampak yang begitu positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan, walaupun dibalik kelebihan sesuatu pasti disana juga akan ada kelemahannya.
Kenyataan saat sini menunjukkan akan ketergantungan masyarakat terhadap teknologi sehingga tak jarang setiap melakukan sesuatu tidak pernah luput dari yang namanya teknologi itu sendiri. Kita dapat mengambil contoh real, seperti segala sesuatu kembalinya kepada teknologi, kita jarang sekali melihat belakangan ini seorang pelajar membawa buku di setiap aktifitas belajarnya, persentase pelajar hampir lebih besar rujukannya adalah internet.
Berikut poin-poin pengaruh Positif Teknologi di bidang Pendidikan :
- Sangat membantu proses pembelajaran itu sendiri, lebih cepat dan mudah di akses.
- Berfungsinya virtual kelas, yang dimana sangat memudahkan para pelajar untuk saling berkomunikasi dengan sang pengajar dengan system tanpa bertatap [face to face].
- Memudahkan sistem usaha serta kegiatan administrasi pada sebuah lembaga pendidikan karena penerapannya.
- Terdapatnya berbagai macam situs-situs yang tidak mendidik, dan membuat pengguna menjadi rusak atau terpengaruh akal pikirannya, seperti situs porno, perjudian dan lain sebagainya.
- Membuat penggunanya menjadi malas dalam satu sisi yang lain, akibat kecanggihan teknologi ini, sehingga membuat pengguna malas dalam aktifitas membantu orangtua.
- Tindak kriminal, seperti Cybercrime yang dimana kejahatan ini dilakukan seseorang dengan perantara teknologi internet ini, sehingga mencetak generasi yang berpengetahuan tetapi mempunyai moral yang rendah.
Semua ini menjadikan sangatlah mudah untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dengan mudah. Untuk itu lah gunakan dengan sebaik-baiknya teknologi ini sehingga akan muncul kedepannya teknologi-teknologi yang membuat kita mudah di dalam melakukan segala sesuatu, dan tidak lupa segala sisi negativenya di jauhkan sejauh-jauhnya.
Sekian —
Sumber :
http://tikapranandasari.blogspot.com/2012/01/dampak-teknologi-informasi-bagi-dunia.html
http://ukiparner.blogspot.com/2012/03/dampak-negatif-teknologi-di-bidang.html
No comments:
Post a Comment